TIPS TEKNOLOGI

TIPS TEKNOLOGI

Memperpanjang waktu pakai telepon genggam

Matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Koneksi bluetooth dan sangat boros baterai. Begitu Pula dengan GPS. Jadi matikan saja jika tidak diperlukan. Lampu kilat kamera telepon genggam juga cukup menguras daya baterai telepon. Jadi, upayakan tidak memotret di tempat yang gelap.

Menghemat daya baterai komputer (komputer jinjing/ laptop)

jika kita menggunakan komputer dengan baterai yang cepat habis (dan tidak sedang membutuhkan koneksi internet), matikan koneksi nirkabel karena sangat menguras daya baterai.

Menjaga keamanan komputer

Pastikan memiliki anti-virus, anti-spyware, dan firewall—yang terus diperbarui—yang akan mengurangi risiko permasalahan. Ada banyak program gratis untuk produk-produk ini. Ingat, Iebih baik mencegah daripada mengobati.

Mengetahui aman tidaknya situs tertentu

Memasukkan rincian data kartu kredit kita di dunia maya selalu mengkhawatirkan. Tetapi ternyata ada berbagai cara untuk mem perkecil risiko bahaya. Pertama, di halaman data kartu kredit tersebut, URL (alamat yang tertera di bagian atas halaman) harus berubah dari http://... Menjadi https://... (modus aman). Selain itu, simbol gembok harus muncul di bagian bawah halaman. Di Inggris, situs yang bersangkutan mungkin berlangganan program "Verified by Visa" atau "MasterCard Secure". Untuk bergabung, data kita harus mengikuti peraturan yang ketat dan kalau tidak dipatuhi, maka kita akan dikenakan sanksi yang berat. Jika belum yakin, lihat apakah situs itu menyediakan Iayanan pelanggan (hubungi dan tanyakan tata cara yang biasa mereka lakukan dengan rincian data kartu kredit yang terkait dengan transaksi pembelian) atau cari di mesin pencari, "nama perusahaan + keluhan'. Jika ada orang lain yang mengalami masalah yang berat dengan situs ini, jangan gunakan untuk melakukan transaksi.

Mengatasi kehilangan kamera

Potret rincian nomor dan alamat kita di setiap awal kartu data. Jadi, jika kita kehilangan kamera dan kebetulan ditemukan oleh orang yang berbaik hati mau mengembalikannya, dia tahu ke mana menghubungi kita.

Menghemat daya dan memperpanjang penggunaun baterai komputer (portabel)

Kurangi tingkat kecerahan komputer sampai sekitar empat puluh persen saat mendengarkan musik. Jangan lepaskan baterai dan pasang pada modus "tidur" (sleep mode) saat tidak digunakan. Yang paling penting, jaga komputer agar selalu sejuk dan tidak terkena paparan sinar matahari yang terik.

Memasarkan blog

Di kebanyakan forum ada kotak tanda tangan di bawah pesan yang kita pasang sehingga kita dapat memasang tautan ke blog kita dalam kotak ini. Letakkan di tengah, dengan huruf tebal dan tampil menarik. Di situs sosial seperti Facebook atau MySpace juga disediakan tempat untuk menuliskan alamat situs pribadi kita.

Membersihkan tombol papan ketik yang Iengket terkena tumpahan teh

Pastikan papan ketik (keyboard) sudah terlepas dari arus listrik. Ambit sikat gigi bekas dan bungkus bulu sikat dengan tisu basah, gosokkan perlahan pada papan ketik. Tusuk gigi dapat juga menggantikan sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit.

Membahagiakan kekasih yang "penggandrung teknologi"

Jangan lupa, meskipun penggandrung teknologi, kami juga manusia. Berikut hal-hal yang membahagiakan hati kami:
  • Kalau kami memperlihatkan peralatan atau benda berbasis komputer atau telepon genggam yang kami anggap keren, tunjukkan saja sikap tertarik, meskipun mungkin menurut kamu benda itu benar-benar aneh.
  • Ingat, ukuran adalah segalanya. Kalau kami membeli layar LCD 50 inci, alasannya karena semua terlihat makin jelas dalam ukuran yang lebih besar. Jangan mengeluh. Duduk saja dengan nyaman di sofa, ikut menonton dan menikmatinya.
  • Jangan pernah menyebut kami Jar jar Binks (tokoh robot dalam film Star War) .
  • Jangan lupa, kopi adalah salah satu kelompok makanan pokok yang kami butuhkan asupannya lima kali sehari.
  • Kalau membeli rekaman band yang kami sukai, kami tidak boleh sampai tidak membeli rekaman-rekaman lain band tersebut. Sangat tidak boleh tidak.
  • Hubungan intim sesekali menyenangkan, tetapi bagi kami tidak sepenting televisi raksasa.

Menghafalkan kata sandi

Ada banyak situs dan Iayanan dalam jaringan yang meminta penggantian kata sandi secara berkala. Sebagian tidak mengizinkan kita menggunakan 10 kata sandi yang pernah kita gunakan sebelumnya. Prosedur keamanan ini dapat sangat merepotkan. Kita dapat mengakali sistem ini dengan menggunakan kata yang sama dan mengubah nomor di belakangnya, mis. "kata sandi1", "kata sandi2", lalu kembali ke "kata sandi1". Kita dapat menggunakan angka bulan yang bersangkutan sebagai nomor di belakang kata sandi, tergantung mana yang Iebih mudah bagi kita. Yang penting jangan pernah menuliskan kata sandi kita di mana pun.

Saya bekerja di bagian pusat pengaduan dan kebanyakan orang menggunakan nama anak mereka. Kata sandi yang paling saga sukai adalah... "sayalupa"! Ide sangat cemerlang, bukan?

Mengapa komputer harus dimatikan?

Selain boros energi, jika terus dinyalakan bantalan (laher) pada piraini keras komputer juga mudah rusak. Oleh sebab itu, matikan komputer setiap malam untuk memperpanjang usianya.

Memastikan keamanan anak di dunia maya

Intinya, selama pengetahuan komputer kita masih kalah canggih dibandingkan anak kita yang berusia delapan tahun, kita tidak dapat mengendalikan apa yang mereka lakukan di dunia maya. Cara paling baik untuk mengetahui apa yang mereka lakukan adalah dengan menemani ketika mereka menggunakan komputer dan membicarakan dengan terbuka apa yang harus mereka lakukan jika (dan pasti akan terjadi) kebetulan menemukan hal-hal yang tidak selayaknya mereka lihat atau Baca.

Letakkan komputer di ruang umum, seperti ruang keluarga, dengan layar menghadap ke tengah ruangan.