TIPS MAINAN YANG MENCERDASKAN ANAK

4 TIPS MEMILIH MAINAN YANG MENCERDASKAN ANAK

Aktivitas anak lebih banyak berorientasi pada permainan, mereka akan terus bermain dan bermain karena itu memang dunianya, dunia permainan. Dunia anak alangkah menjadi sempurna jika jenis permainan yang dimainkan meningkatkan kecerdasan otak. Sambil bermain sambil belajar. Banyak sekali jenis mainan anak yang tersedia saat ini, namun kita harus bisa memilih mana yang terbaik diantara yang baik. Berikut ini tips memilih permainan anak :

Tahap Perkembangan

Perhatikan tahapan perkembangan anak, baik usia, emosi dan fisiknya. Pilih jenis mainan yang sesuai untuk usianya.

Ketika anak mamasuki usia 6 bulan, ia lebih suka mainan yang mengeluarkan bunyi dan penuh warna. Berikan mainan yang mempuyai variasi bentuk pada anak mulai usia 9 bulan ke atas. Pilih juga mainan yang terbuat dari plastik agar bisa dibawa anak sewaktu mandi.

Warna

Pilih mainan berwarna kontras dan cerah untuk membantu meningkatkan rangsangan indera penglihatan.

Keamanan

Perhatikan keamanan mainan anak, pastikan semua dalam jangkauan anak Anda untuk menghindari cidera sewaktu bermain, hal ini penting karena dapat menjadikan anak menjadi trauma terhadap hal baru.

Kepedulian

Perhatikan jenis mainan, jangan asal beli yang harganya mahal, sesuaikan dengan kemampuan anak. Atau bisa Anda buatkan sendiri karena pada dasarnya anak butuh stimulasi untuk merangsang kreatifitas.