TIPS BAGI ORANG TUA KETIKA ANAK SAKIT

6 TIPS BAGI ORANG TUA KETIKA SI KECIL SAKIT

Perasaan cemas yang dialami orang tua ketika sang buah hatinya tiba-tiba jatuh sakit merupakan hal yang wajar terutama bagi seorang ibu. Cemas boleh-boleh saja, asalkan janganlah berlebihan agar kita bisa melakukan langkah-langkah tepat dalam memberikan pertolongan pertama.
Berikut ini kami sajikan tips-tips menghadapi sakit pada anak :

Kuasai diri kita agar tidak menimbulkan kepanikan yang tinggi.

Ketahuilah bahwa tidak semua penyakit pada anak membutuhkan pemberian obat. Cari tahu penyebabnya agar penanganannya tepat. Berikan pertolongan pertama terlebih dahulu sebelum akhirnya dibawa ke dokter.

Terkadang anak yang kecapekan dan kurang istirahat mudah sekali letih dan lesu, jika hal ini terjadi Anda bisa bawa anak Anda ke tukang pijat anak.

Jika anak demam tetapi kondisinya masih aktif dan ceria, cukup lakukan istirahat dan oleskan minyak kayu putih pada seluruh tubuhnya. Kompreslah menggunakan air hangat agar anak tidak menggigil kedinginan. Jika demam tidak kunjung turun, berikan parasetamol sesuai aturan pakai pada kemasan obat.

Berikan makanan yang sehat dan kaya akan nilai gizi.

Sediakan obat-obatan di rumah. Obat-obatan yang sebaiknya disediakan di rumah sebaiknya disesuaikan dengan seringnya anak sakit.