TIPS MENIKMATI HIDUP SEHAT

8 TIPS HIDUP SEHAT

Kesehatan merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya, untuk itu bersyukurlah ketika nikmat itu datang pada kita. Akan tetapi kita sebagai insan manusia diwajibkan untuk selalu berusaha dan berusaha. Berkaitan dengan hal ini, usaha kita dalam hal kesehatan adalah dengan selalu menjaga agar tetap sehat. Berikut ini akan diberikan tips-tips untuk menjaga agar selalu tetap sehat :

Makanan dan Minuman

Pilih makanan berserat tinggi, hindari makan yang mengandung kolesterol jahat (LDL). Sayuran berwarna hijau, buah-buahan, biji-bijian, serta agar-agar merupakan contoh konsumsi makanan berserat tinggi. Hindari makanan dan minuman yang merugikan kesehatan seperti alkohol, makanan dan minuman berpengawet.

Air

Konsumsi air putih atau air mineral setiap hari selain membuat diri kita fresh juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Usahakan minum 8 gelas air setiap hari karena air mampu membantu tubuh dalam memproses makanan, menyerap nutrisi serta menghilangkan racun berbahaya dalam usus besar yang kemungkinan terbawa oleh makanan yang kita konsumsi.

Aktif

Selalu aktif setiap saat dengan bergerak di setiap aktivitas kita. Diimbangi berolah raga sangat dianjurkan.

Berat Badan

Fokuskan diri Anda pada berat badan ideal untuk tubuh Anda dengan cara menjalankan pola makan dan gaya hidup yang sudah Anda tetapkan, tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan finansial.

Memenej Stress

Istirahat secara cukup membantu tubuh kita tetap bugar sekalipun masalah sedang datang menghampiri kita. Di era seperti sekarang ini, stress pasti akan datang kepada hampir setiap orang. Jangan biarkan diri kita terlarut dan otak kita terkuras habis hanya untuk memikirkan suatu masalah sehingga mempengaruhi kesehatan otak. Usahakan selalu istirahat cukup dan kendalikan diri kita agar tingkat stress dapat kita kendalikan, jangan sebaliknya. Pepatah mengatakan “Tak Ada Masalah Yang Tak Ada Jalan Keluar” yang penting kita selalu berusaha dan tetap terus berusaha.

Bersosial

Berinteraksi dengan orang lain, temen dekat, atau bahkan orang baru sekalipun sangat dianjurkan untuk menjaga hidup sehat. Karena memperbanyak sharing ketika dalam menghadapi persoalan serius mampu membantu diri kita untuk tetap berpikir positif bahkan banyak kemungkinan bisa mememukan jalan keluar.

Optimis dan Berpikir Positif

Optimisme berpengaruh besar terhadap kesehatan otak. Tetaplah optimis dan berpikir Anda sehat sekalipun tubuh Anda sedang sakit karena apa yang Anda pikirkan itulah yang akan Anda dapatkan. Sehingga dengan cepat kesembuhan akan datang menghampiri Anda, tentunya diimbangi berdo’a dan berobat. Tak hanya sebatas sakit, dalam menjalani kehidupan ini pun kita harus selalu optimis dan berpikir positif agar kebahagiaan dan kesehatan selalu berjalan beriringan.

Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah kebiasaan yang merugikan kesehatan, seperti misalnya bagi para perokok berat, pecandu alkohol.