TIPS MENINGKATKAN IQ ANAK

IQ Anak

Intelligence Quotient (IQ) pada anak dapat ditingkatkan sejak anak masih dalam kandungan dan pada tahap awal masa tumbuh kembang anak.

7 Tips Meningkatkan IQ Anak

Perkenalkan musik sejak dalam kandungan

Ibu hamil yang menyukai dan menikmati musik sewaktu mengandung dapat terbawa sampai sang bayi dilahirkan, bayi akan merasa nyaman dan menikmati musik yang pernah disukai sang ibu. Bahkan ketika bayi sedang menangis lalu diperdengarkan lagu kesukaannya, bayi bisa sekejap terdiam meskipun terkadang menangis lagi. Hal ini tergantung penyebab bayi menangis. Jika bayi menangis disebabkan bosan, maka saat diperdengarkan lagu kesukaan ibu sewaktu mengandung bayi bahkan bisa terdiam lama seperti menikmatinya. Namun, dengan catatan sang ibu benar-benar menikmati dan menghayati lagu tersebut.

Konsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan

Disarankan mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung kolin selama masa kehamilan untuk merangsang perkembangan otak janin. Minum susu ibu hamil dan selalu konsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak konsumsi makanan sea food, terutama ikan, dipercaya sangat baik untuk perkembangan IQ.

Berikan ASI

Selain mampu meningkatkan sistem imun pada bayi, pemberian ASI juga mampu meningkatkan IQ anak. Aspek fisik dan emosional ibu ketika menyusui dapat menciptakan perubahan permanen pada perkembangan otak anak.
Penelitian menunjukkan kegiatan pemberian ASI meningkatkan interaksi verbal antara ibu dan anak, sehingga membantu perkembangan mereka.
Bagi ibu, perbanyak makan sayur-sayuran untuk memperbanyak ASI terutama daun katu dan daun ketela rambat.

Ajak anak berbicara dengan bahasa yang jelas

Jangan mengajak si kecil bicara dengan bahasa anak, karena akan mempengaruhi perkembangan otak si kecil. Misalnya menyuruh anak mandi, katakan saja dengan jelas, “adik ayo mandi” jangan “adik ayo ndandi”. Mengajak bicara dengan menirukan bahasa bayi atau "baby talk" sangat tidak dianjurkan.

Tetap Perdengarkan Musik 3 Tahun Pertama

Tiga tahun pertama anak merupakan tahap perkembangan otak.
Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik dan mengikuti les musik menunjukkan peningkatan IQ yang signifikan. Untuk itu jangan sia-siakan 3 tahun pertama batita Anda dengan terus mendengarkan musik, terutama musik klasik.

Perkenalkanlah Permainan Catur

Permainan catur merupakan permainan strategi yang bermain menggunakan otak untuk menganalisa sebuah masalah kemudian memecahkan masalahnya. Kebiasaan anak menganalisa sesuatu dapat meningkatkan daya imajinasi, sehingga anak mampu memecahkan setiap masalah yang sedang dihadapi.

Berikan Binatang Peliharaan

Semakin kuat keterikatan dan perhatian si kecil terhadap hewan peliharaannya, maka akan kemampuan kognitifnya semakin terasah dan bisa membantu meningkatkan nilai IQ. Pastikan binatang peliharaan anak tidak terinfeksi penyakit.