TIPS MEMASAK

TIPS MEMASAK

Memasak merupakan pekerjaan yang bisa dibilang ringan. Tetapi jika memasak dilakukan dengan cara yang tidak benar bisa jadi cita rasa masakan kita akan menyimpang dari standar yang kita tentukan. Berikut ini beberapa tips memasak yang bisa membantu Anda.

Tips Mengatasi gumpalan pada saus putih

Ayak tepung pada waktu memasukkannya ke saus. Cara ini membantu mencegah terbentuknya gumpalan. Kalau tetap terjadi gumpalan, gunakan pengocok telur untuk mencampurkannya dalam saus sebelum menambahkan cairan. Dengan cara ini saus akan terlihat halus.
MEREDITH TANGLE

Tips Mendapatkan permukaan garing pada daging panggang

Panaskan daging di wajan kering untuk mencairkan bagian berminyak. Kemudian lumuri dengan larutan minyak goreng dan garam. Hasilnya sangat garing dan meletup!
REDLADY

Tips Mendapatkan hash akhir yang indah pada hiasan kue

Begitu selesai menghias kue, lapisan apa pun yang digunakan, arahkan pengering rambut sambil memutar kue. Panas pengering rambut akan mencairkan lapisan hiasan kue dan meratakannya sehingga memberi hash akhir yang halus.
CEEVEE

Tips Menghilangkan bau bawang di tangan

Rahasia sukses jasaboga: sesudah mengiris bawang merah, bawang atau bawang putih, cuci tangan dengan anggur putih atau Mika (asal tahan baunya!).
ABI1973

Tips Mengatasi "pedih cabai" di tangan sesudah mengirisnya

Penawar untuk cabai adalah gula. Larutkan gula dalam air hangat untuk merendam tangan. Oleskan Vaselin sesudahnya.

Tips Menghilangkan bau ikan di tangan

Gosok tangan di bawah aliran air keran dengan sendok atau benda lain dari baja tahan karat. Cara ini ampuh juga untuk menghilangkan bau bawang putih.
JADSIA

Tips Mengatasi percikan sesudah menggoreng

Sebelum menggoreng, keringkan bahan yang akan digoreng dengan meletakkannya di atas serbet kertas. Kelebihan cairan di dalamnya menjadi penyebab terjadinya percikan. Menepuk-nepuk bahan yang akan digoreng untuk mengeringkannya juga akan menghasilkan warna gorengan yang bagus. Juga perhatikan agar tidak menggunakan terlalu banyak minyak untuk menggoreng.
CHERYLSAIGEON

Tips Menyiapkan sarapan praktis dan rapi

Letakkan ham, sosis, tomat, dan jamur di loyang dan perciki dengan minyak. Masak dalam oven selama lima belas menit sementara kita mandi dan ganti baju. Balik sosis dan ham, pecahkan telur di bagian loyang yang kosong, dan masukkan kembali ke dalam oven selama sepuluh hingga lima belas menit. lsi roti dengan bahan-bahan ini dan selesaikan tata rias sebelum berangkat.
DISTRACTEDHOUSEWIFE

Tips Mengeluarkan lemak dari sup atau saus dengan cepat dan mudah

Panaskan sup hingga mendidih. Tuang ke mangkuk tahan panas dan tutup permukaan sup dengan es batu. Tunggu tiga sampai lima menit, dan aduk perlahan. Lemak dalam sup akan memadat dan membentuk Iingkaran-Iingkaran kecil yang menempel pada es batu. Angkat lemak dan buang es batu. Cara ini ampuh untuk mengangkat sebagian besar lemak dalam sup.
CEEVEE

Biarkan semalam di lemari pendingin. Lemak akan naik ke permukaan dan dapat dengan mudah diangkat dengan sendok. Cara ini dapat juga diterapkan pada masakan lain yang berkuah lebih kental seperti semur, dsb. (yang terasa lebih lezat keesokan harinya).
PATSHARP

Tips Memasak terung yang lembut dan lezat

rahasianya bukan pada cara memasaknya, tetapi cara menyiapkannya. terung perlu dibuat "layu" untuk mengurangi kekakuan dan rasa pahit. Alasi piring dengan serbet kertas. Iris terung kita-kira setebal 1 senti meter, lalu olesi kedua sisi dengan garam, dan letakkan kembali di kertas serbet. Tutup dengan kertas serbet dan ulangi hal yang sama whingga membentuk beberapa lapisan. Letakkan piring di atas lapisan dan beri pemberat. Masukkan ke lemari pendingin. Kerjakan hal itu di pagi hari dan sebelum makan malam kita sudah mendapatkan terung yang siap diolah dengan cara apa pun sesuai selera.

Tips Memasak beras basmati yang tidak melekat dan tidak terlalu lunak

Pembantu kami di Singapura mengajari saya cara ini lima puluh tahun lalu. Cara ini terbukti sangat ampuh. Masukkan beras ke dalam cukup banyak air mendidih, dan masak selama lima belas menit (beras harus tertutup air). Tuang beras ke wadah yang diberi saringan di atasnya, dan segera tuang air dingin di atasnya sampai beras jadi dingin. Tutup dan sisihkan hingga waktu makan tiba. Sebelum dihidangkan, tuang seteko air mendidih di atasnya, dan siap disantap. Hasilnya: nasi dengan butiran yang besar, mengembang, kering, dan tidak sating melekat.
CANOPUS

Tips Membuat telur rebus setengah matang yang sempurna

Saya masukkan telur (dalam suhu ruangan) ke dalam panci berisi air dingin, rebus air hingga mendidih. Begitu air bergolak, masak selama dua menit. lni pas untuk membuat telur rebus ukuran sedang. Tambahkan tiga puluh detik untuk telur ukuran besar. Penting juga memotong bagian atasnya tepat sesudah mengeluarkannya dari air. Kalau tidak proses pematangan akan berlanjut. Kalau bagian kuningnya masih terlalu cair, kembalikan irisan atasnya dan biarkan selama kira-kira satu menit. Telur akan menjadi lebih matang dan pas untuk dihidangkan.
MEREDITH TANGLE

Tips Makan dengan sehat secara ekonomis

Coba tanyakan pada tukang daging atau pasar swalayan tentang penawaran harga khusus untuk daging dan bekukan kelebihan daging setiap kita mengolahnya. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga sumber protein yang sangat bermanfaat. Sedapat mungkin gunakan proses memasak lama; dan alat khusus yang menunjang (slow cooker) ini biayanya rendah dan dapat ditinggal sambil kita mengerjakan hal lain, melunakkan bagian daging yang liat. Alat ini layak diperoleh sebagai modal dapur untuk efisiensi dan nilai ekonomis dari makanan kita.
ASHLING

Tips Mendinginkan bubur havermouth dengan cara lezat

Selama musim panas ketika tersedia banyak buah-buahan, bilas sekilas, keringkan dan potong kasar berbagai macam buah, dan bekukan di lemari es. Selama musim yang lebih dingin, kalau kita mau sarapan bubur seralia, masukkan sedikit buah beri beku ke dalam bubur. Bubur akan cepat menjadi lebih dingin dan siap santap sekaligus memberi rasa tambahan yang nikmat, serat, dan warna pada sarapan.
CEEVEE

Tips Mendapatkan atau memasak makanan lezat rendah garam atau sodium

Ada berbagai campuran bumbu dan rempah yang dipasarkan sebagai pengganti garam. Cara lain, masaklah dengan menggunakan bawang putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung sambil menambah rasa pada masakan.

Tips Mengatasi terbentuknya selaput pada saus

Ibu saya selalu menutupi wadah berisi saus dengan plastik rekat dan membukanya tepat sebelum menghidangkannya. Cara ini ternyata sangat manjur!
LUCYD

Tips Memotong daging mentah dalam jumlah besar

Masukkan daging dalam laci pembeku lemari pendingin selama dua puluh menit sebelum memotongnya. Cara ini mempermudah pemotongan daging dan Iebih mudah melepaskan lemak dari daging.
CEEVEE

Tips Mengeluarkan serpihan cangkang dari hidangan laut

Kalau kita harus memilah serpihan cangkang dari daging kepiting atau lobster, pilih cepat serpihan yang terlihat, lalu tebarkan daging kepiting atau lobster di atas loyang, dan panggang dalam oven dengan panas 180 °C/350 °F selama tiga atau lima menit. Semua serpihan cangkang akan berubah warna menjadi pekat dan memudahkan kita memilah dan mengeluarkannya! (Memanggang selama ini tidak benar-benar mematangkan daging kepiting atau lobster.)
CEEVEE

Tips Menjaga asparagus tetap segar

Tata asparagus di atas dua lapis serbet kertas. Tutup dengan beberapa lembar serbet kertas di atasnya dan gulung dengan memastikan ujung asparagus ada sekitar beberapa sentimeter di dalam serbet kertas. Masukkan dalam kantong plastik,bisa menggunakan kantong plastik bekas pembungkus asparagus ketika membelinya. Dengan cara ini asparagus akan tahan lama hingga sekitar dua minggu.
SCHERZO

Tips Memarut keju, cokelat, dsb. dengan rapi

Masukkan alat pemarut dalam kantong plastik dan parutlah di dalam nya saja! Hasil parutan akan tetap berada dalam kantong plastik dan tidak menimbulkan sampah yang harus dibersihkan.
CEEVEE

Tips Menambah rasa pada saus pasta siap pakai

Untuk saus keju: tambahkan sedikit taburan daun bumbu sage kering dan sejumput daun bumbu rosemary. Untuk saus tomat: taburkan bubuk caba (seberapa banyak tergantung seberapa berbumbunya saus yang kita sukai), tambahkan daun bumbu basil atau oregano kering atau irisan daun yang segar, dan cukup banyak lada hitam. Taburi atasnya dengan parutan keju parmesan dan beberapa daun basil segar.
SARAHFAIRY

Kalau terlalu makan waktu untuk menambahkan bumbu segar, kiat termudah untuk saus yang terbuat dari tomat adalah menambahkan beberapa tetesTabasco dan pastikan mengecek rasanya sebelum menghidangkan.
LEILU

Tips Memperpanjang usia bumbu segar

Campur cacahan halus daun bumbu dengan minyak zaitun dan bekukan dalam baki es batu untuk digunakan sewaktu-waktu.
TOOKE

Tips Menjaga kesegaran daun bumbu

Masukkan dalam segelas besar air. Tutup gelas dengan kantong plastik dan ikat dengan karet gelang. Dengan cara ini daun bumbu yang rapuh sekalipun seperti daun ketumbar dapat tahan 1-2 hari. Untuk dapat tahan seminggu atau Iebih dan tetap segar, daun bumbu dapat dibungkus dengan kertas tisu dan dimasukkan dalam kantong plastik yang rapat dan disimpan dalam lemari pendingin.
PATSHARP

Tips Menyiapkan bekal makanan yang menarik untuk anak

Usahakan meminta mereka membantu ketika belanja bahan makanan di pasar swalayan. Dengan cara ini mereka mendapat kesempatan untuk memilih bahan makanan yang akan mereka bawa sebagai bekal di sekolah. Coba berikan kebebasan kepada mereka untuk ikut• menyiapkan bekal makan siang mereka. Menurut pengalaman saya, sayur yang dipotong menjadi bentuk yang menarik membuat bekal makanan Iebih menyenangkan. Kiat sukses Iainnya adalah memasukkan catatan kecil ke dalam bekal makanan.
ELLECBFFL

Di masa kecil, ibu saya sering menuliskan pesan untuk saya di atas pisang yang menurut teman-teman dan saya sendiri luar biasa kocak!
MARIE5991

Tips melunakkan daging panggang

cara memanggang apa pun yang kita gunakan, jangan pernah memasak daging Iangsung setelah dikeluarkan dari lemari pendingin. potongan besar daging sapi perlu paling sebentar setengah jam berada dalam suhu ruangan sebelum dimasak dalam oven.
MILOU

Tips Membuat bola daging yang sempurna

Mungkin tidak terlalu sempurna, tetapi tidak merepotkan dan tetap sangat lezat. Beli sebungkus sosis bermutu tinggi. Potong kedua ujungnya dan tekan keluar isinya kurang lebih sepertiga panjang sosis sehingga daging keluar dari pembungkusnya. Ulangi sampai kita mendapat tiga "bola daging" dari setiap sosis. Gulung di telapak tangan kalau kita ingin bentuk yang bulat sempurna. Menurut saya cara ini sudah menghasilkan bentuk bulat yang cukup bagus.
LEILU

Mengurangi penggunaan jumlah saus salad

Masukkan saus salad dalam botol semprot dan gunakan beberapa semprotan setiap makan.
STELLADORE

Tips Mencairkan mentega dengan cepat

Iris mentega dan letakkan irisan mentega di atas piring. Mentega cepat mencair dengan cara ini.
ASILDEM

Tips Menghangatkan piza

Letakkan sisa piza pada wajan datar anti-Iengket dan panaskan dengan panas sedang hingga rendah di atas kompor hingga hangat. Dengan cara ini piza tetap renyah dan tidak Iayu seperti hasil penghangatan dengan memakai oven gelombang mikro.
AWADE

Tips Membuat teh hijau terasa lebih nikmat

Saya selalu menambahkan sedikit madu ke dalam seduhan teh hijau.
REDLADY

Teh hijau biasanya diminum di negeri bergunung seperti Tibet, Nepal, dan Ladakh. Di ketinggian 3.000-6.000 meter di atas permukaan laut, air mendidih pada suhu 80 °C atau kurang (karena terdapat kadar oksigen jauh lebih rendah di udara di tempat dengan ketinggian ini dan tekanan udara jauh lebih rendah). Teh hijau terasa lezat di tempat-tempat tersebut dan sama sekali tidak terasa pahit. Menyeduhnya tidak boleh dengan air mendidih, berbeda dengan teh Great British Cuppa, tetapi diseduh dengan air bersuhu 80 °C sama halnya dengan teh herbal. Angkat teko perebus air sedikit lebih awal.
CANOPUS

Tips Mengiris bawang tanpa menangis

Rahasia jasa boga ini terbukti manjur: basahi saja pisau ATAU bawangnya.

Tips mematangkan avokad

untuk mematangkan avokad, masukkan buah ke dalam kantong kertas bersama dengan apel. Apel mengeluarkan gas tertentu yang mempercepat proses pematangan avokad. Ketika sudah mencapai kematangan yang kita inginkan, simpan di bagian bawah lemari pendingin selama dua atau tiga hari kalau tidak langsung disantap.
CANOPUS

Tips Membuang biji paprika dan cabai

Pakai sarung tangan sewaktu mengolah cabai, terutama kalau pakai lensa kotak! Iris cabai separuh memanjang dan keluarkan bijinya dengan menggunakan pisau ke arah menjauh dari tubuh. Ini cara mudah dan cepat untuk membuang semua biji cabai.

Tips Melapisi kue kering bulat dengan gula halus sekali celup

Isi wadah kecil dengan 250 cc gula halus, lalu masukkan kue. Kocok dengan wadah yang tertutup, dan siap! Kue terlapis rata dengan gula.
CEEVEE

Tips Menyempurnakan SEMUA resep kue kering

Jangan sekedar mengocok mentega, tetapi cairkan. Cara ini membuat adonan pas untuk membuat kue kering yang lezat. Wuenak!
TOOKE

Tips Membuat taburan remah dengan cepat

Parut mentega beku (langsung dari lemari pendingin) dengan parutan keju. Menakjubkan melihat betapa cepat kita dapat mencampurkannya ke dalam adonan.

Tips Membuat pai yang sempurna

Untuk membuat pai yang sempurna dan cantik, saya mengganti seperempat tepung terigu biasa dengan tepung terigu beragi. Percayalah, kiat ini manjur. Bahkan mertua saya menyukainya. Padahal kebetulan dia jenis orang yang tidak mudah dibuat senang!

Tips Menyiapkan panci dari besi kempa sebelum dipakai

Panci besi kempa perlu disiapkan untuk menutup pori-pori Iogamnya sebelum digunakan. Cuci dan keringkan baik-baik, lalu olesi dengan lapisan tipis minyak sayur. Letakkan di rak atas oven dengan suhu 180 °C/350 °F selama satu jam. Letakkan selembar aluminium atau loyang kue di rak bawah untuk menampung tetesan. Sesudah satu jam, matikan oven dan biarkan dingin selama beberapa jam. Lap panci dengan serbet dapur. Untuk mempertahankan kondisi panci, gunakan hanya air bersih untuk mencucinya dan jangan pernah memasukkannya dalam mesin cuci piring.
DAISYMAE

Tips membuat kue scones, roti kadet, dan kue tar yang ringan dan mengembang seperti yang dijual di toko

Kuncinya adalah penangananya. Kue scone harus ditangani secara hati- hati. Kalau tidak kue akan sulit mengembang. Segera setelah membuat adonan, jangan terlalu banyak menyentuhnya dan gilas hanya jumlah seperlunya saja sesuai kebutuhan. Untuk kue spons,udara berperan penting. Kalau resep menyuruh kita mencampur mentega dan gula,gunakan kocokan listrik dan kocok mentega terlebih dahulu, baru masukkan gula, dan kocok kembali. Kalau resep menyuruh kita menambahkan telur, kocok antara waktu memasukkan telur satu per satu untuk memasukkan cukup udara ke dalam adonan. Di samping itu, jangan sering membuka pintu oven karena keluarnya panas dari oven mengganggu pemanggangan kue dan menyebabkan kue turun.
WSSLAOO

Tips Mengukus sayuran kalau kita tidak punya panci pengukus

Rebus air dengan panci bergagang hingga mendidih. Masukkan sayuran ke dalam saringan dan letakkan di atas panci. Tutup dengan tutup panci beres deh!
LEILU

Tips Mencegah pertumbuhan tunas pada kentang

Masukkan apel bersama dengan kentang di tempat penyimpanan untuk , mencegah pertumbuhan tunas. Simpan juga kentang di tempat yang sejuk dan gelap dalam kantong yang memungkinkan kentang untuk mendapat ruang bernapas dan dengan demikian Iebih tahan lama.
ELIZABETHEVELYN

Tips Mengetahui apakah minyak sudah cukup panas untuk menggoreng

Masukkan sebutir berondong jagung di awal pemanasan minyak. Ketika berondong meletus, minyak akan berada di suhu 1 80-1 90 °C/350-375 °F, suhu yang pas untuk menggoreng dengan banyak minyak.
CEEVEE

Tips Menjaga oven mikro tetap bersih

Sediakan selalu kertas gulung pembersih dapur (kitchen roll) di atas permukaan lempeng pemutar oven mikro untuk menyerap tumpahan makanan dan dapat mudah dibuang dan diganti setiap selesai dipakai.
GILLYANO

Tips Menemukan Ujung gulungan plastik lekat

Gunakan sikat gigi bekas dan gosokkan perlahan di permukaan gulungan plastik sampai kita mendapatkan pinggiran lembar plastik. Bulu sikat membantu mengangkat pinggir lembar plastik yang memudahkan kita melepaskanya.
CEEVEE

Saya selalu melipat salah satu ujung setiap selesai menggunakan plastik lekat. lalu saya selalu mencari ujung tersebut setiap kali memerlukannya. Saya lakukan hal yang sama dengan pita perekat kemasan.