TIPS KESEHATAN SEHARI-HARI

TIPS KESEHATAN SEHARI-HARI

Tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan ringan sehari-hari.

Tips Menyembuhkan sakit tenggorokan dengan bahan alami

Cabai merupakan zat antiseptik yang anehnya dapat mengurangi pembengkakan. Masakan kari yang pedas, Iebih baik dengan cabai segar, dapat Iangsung mengatasi sakit tenggorokan.

Tips Mencegah terkena flu biasa

Pakailah sarung tangan ketika berada di angkutan umum, atau cuci tangan begitu sampai di tujuan, dan selalu gunakan sikut sebagai pengganti tangan ketika membuka pintu kamar mandi umum.

Tips Mengatasi radang kandung kemih

Waktu saya mengalami sakit luar biasa di kandung kemih dan buang air kecil setiap tiga menit sekali, obat terbaik adalah duduk berendam dalam air hangat selama satu atau dua jam dan buang air kecil di air yang sama. Cara ini sangat baik untuk mengatasi perih sambil menunggu dampak antibiotik yang diminum menurut petunjuk dokter. Me mang kedengarannya aneh, tetapi tidak ada salahnya dicoba.

Tips Mengatasi kembung

Coba minum teh daun fennel. Teh ini juga berkhasiat untuk mengatasi keluhan kejang perut (kolik).

Tips Mengatasi gangguan buang angin yang memalukan

Teh peppermint sangat manjur untuk mengatasi keluhan ini. Minumlah secara teratur selama sehari (mungkin mengganti beberapa cangkir teh atau kopi), atau sesudah makan yang agak besar.

Memasukkan Iebih banyak sayur atau buah ke dalam makanan jika (a) kita kebetulan sedang tidak makan sayur dan buah dan (b) kita tidak suka sayur dan buah

Piza! Beli piza tipis dengan isi tomat dan keju mozzarella. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, coba "dihias" dengan campuran sayur. Sayuran yang paling cocok untuk piza adalah jamur, jagung manis, bawang Bombay, paprika, kuntum brokoli, asparagus, zaitun, bayam, parutan wortel... atau apa saja yang kita sukai. Bagian atasnya dapat diberi potongan nanas, kalau suka. Dengan cara ini kita mendapat makanan dengan aneka rasa yang sangat seimbang sambil sedikit nakal dan menikmati makanan sesuai selera kita.

Tips Mengatasi masuk angin yang menyebabkan sakit perut

Bahkan kalau kita sedang merasa tidak ingin melakukannya, melakukan kegiatan fisik membantu mengatasi keluhan ini. Kalau merasa sakit perut atau kembung, saya sarankan tiduran terlentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menekan pada Iantai. Dengan posisi tubuh tidak bergerak, turunkan kedua lutut bersamaan ke sisi kiri tubuh hingga menyentuh lantai. Biarkan dalam posisi ini selama beberapa detik. Lalu ulangi ke sisi kanan. Ulangi terus gerakan ini selama merasa nyaman. Gerakan memutar membantu melegakan ketegangan yang terjadi pada tubuh kita. Pastikan raja tidak ada orang di sekitar kita karena gerakan ini kemungkinan menyebabkan kita buang angin! Pada kesempatan lain kita dapat juga berjalan-jalan sebentar untuk mengatasi ketegangan pada perut.

Tips Mengatasi sariawan

Kiat ini kedengarannya aneh, tetapi sangat manjur. Ibu saya yang mengajarkannya. Ambil gula halus (JANGAN gula kasar) dan taburi di sekitar sariawan. Lakukan pada malam hari, dengan menambahkan gula sesuai keperluan. Kelihatannya dengan cara ini jaringan di seputar sariawan Iebih cepat menutup dan sembuh sendiri. Sekarang saya dapat menyembuhkan sariawan hanya dalam dua hari ketimbang menunggu beberapa minggu untuk sembuh sendiri.

Tips Menyembuhkan luka bakar secara alami

Gel atau jus lidah buaya (aloe vera) dikeruk dari bagian dalam daun dan dapat digunakan untuk mengolesi kulit yang terkena luka bakar untuk meredakan perih dan menyembuhkan luka bakar serta mempercepat pergantian sel.

Tips Mendapatkan energi tambahan jika selalu merasa letih

Meskipun kedengarannya bertolak belakang, cara terbaik untuk men dapatkan energi tambahan adalah dengan lebih banyak bergerak. Kalau berbaring di tempat tidur sepanjang hari, sebenarnya kita tidak mendapatkan energi sama sekali. Tetapi kalau kita berolahraga secara teratur dan makan makanan yang tidak berat, yakinlah, kita akan merasa Iebih lincah. Memang hal ini paling sulit dilakukan. Tetapi lain kali kalau merasa ngantuk, paksa diri untuk berjalan-jalan sebentar. Bahkan kalau kita tawar-menawar dengan diri sendiri, kita dapat menghadiahi diri dengan tidur siang sesudah berjalan selama lima betas menit. Saya berani bertaruh, begitu kembali dari jalan-jalan, kita batal mengantuk.

Tips Mencegah gigitan nyamuk

Beli daun basil (menyerupai daun salam) segar yang baunya menyengat dan letakkan di samping tempat tidur.

Tips Mencegah kecenderungan menarik-narik rambut

Saya punya kebiasaan menarik-narik rambut setiap kali merasa malu atau tersipu. Ternyata bagi saya, mengerjakan hal lain kecuali menarik narik rambut dapat membantu saya menghentikan kebiasaan ini. Misalnya mengetuk-ngetukkan jari atau memasukkan tangan ke dalam saku. Lama kelamaan kebiasaan ini semakin jarang dilakukan, dan saya benar-benar mampu berhenti melakukannya secara otomatis.

Tips Mengatasi kaki bergerak terus

Sejak remaja saya sulit mengendalikan dorongan untuk menggerak-gerakkan kaki, dan sekarang ganti dengan tangan. Akhirnya setelah minum tablet magnesium setiap hari, dorongan ini dapat hilang sesudah sepuluh hari, dan hanya kambuh kalau saya berhenti mengasup magnesium.

Minum zinc di pagi hari juga dapat membantu mengatasi keadaan ini.

Tips Menyiapkan diri untuk tes Oles Pap

Kalau pakai rok, kita tinggal mengangkatnya saja dan tidak perlu melepasnya. Dengan demikian kita tidak merasa terlalu terbuka. Sesudahnya, waktu turun dari tempat tidur periksa, kita dapat langsung merasa terhormat karena tidak perlu mencari-cari pakaian dalam dan celana panjang.

Tips Meredakan sengatan ubur-ubur

Suatu ketika saya mengalami beberapa luka akibat sengat ubur-ubur di Meksiko. Penduduk setempat memberitahu saya untuk mengolesi luka dengan pasir dari pantai tempat saya kena sengat. Ternyata sangat mujarab, apalagi saya tidak membawa cuka atau krim pereda nyeri.

Tips Cepat menyembuhkan gigitan lalat kecil (midge)

Saya sering pergi berkemah dan selalu membawa ,Savlon (krim anti- septik). Sebelum tidur saya oleskan di lengan, kaki, dan wajah supaya kalau digigit serangga sewaktu tidur, obat di salep ini dapat langsung menyerap ke luka. Kalau kena gigitan serangga ini di pagi hari, segera oleskan salep ini karena dapat meredakan rasa sakit dan mencegah kita menggaruknya sehingga menimbulkan luka.

Tips Mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk

Olesi tempat gigitan dengan sabun padat yang basah dan biarkan mengering. Rasa gatal akan hilang!

Ada beberapa cara ampuh: cat kuku warna bening (sungguh!); soda kue yang dicampur dengan air dan dioleskan dengan ujung jari; kulit pisang yang digosok di luka bekas gigitan; atau irisan jeruk lemon/nipis yang digosok perlahan-lahan pada bagian yang kena gigitan. Kalau masih gagal juga, masih ada losion kalamin.

Tips Menyembuhkan luka jahitan operasi Cesar dengan cepat

Minyak gandum ragi (wheat germ) lebih baik daripada minyak vitamin E untuk menyembuhkan luka parut. Kita dapat membeli dalam bentuk kapsul di toko obat dan alat kesehatan,belah kapsul dan oleskan minyak pada luka dua atau tiga kali sehari. Baunya agak aneh, tetapi Iayak dibuktikan kemanjurannya.

Tips Menyiasati sengat dingin

Gunakan salep liquorice setiap hari dan kita akan terhindar dari sengat dingin.

Tips Cara berhenti minum sebotol penuh anggur padahal kita hanya minum satu atau dua gelas tetapi orang lain memandangi terus

tutup lagi botol dengan prop gabus dan singkirkan bowl ke tempat yang tidak terlihat, lalu sikat gigi. Pasti kita tidak tergoda untuk minum anggur lagi!

Tips Mengatasi demam karena serbuk jerami—obat untuk mata gatal dan berair serta hidung yang berair

Coba beli madu produksi setempat. Minum sesendok makan setiap hari dan gejala demam akan berkurang. Lebih baik memulainya sebelum musim demam karena serbuk jerami. Coba sajalah kiat ini.

Saya menderita demam yang parah karena serbuk jerami, tetapi belakangan ini saya mendapat cara paling sederhana dan manjur untuk mengatasinya, mandi di bawah pancuran atau berendam setiap malam sebelum tidur dan tinggalkan pakaian yang dipakai sepanjang hari di luar kamar (lebih baik lagi mencucinya). Sepanjang hari kita terkena serbuk jerami di kulit, baju, dan rambut. Dengan menjauhkan diri dari serbuk jerami sebelum tidur, kita menghentikan serangan bersin di malam hari dan mudah-mudahan di pagi hari dapat bangun dengan perasaan segar dan mata tidak bengkak.

Tips Mengatasi sulit tidur setelah mencoba semua kiat dalam buku

Makan sebuah pisang satu jam sebelum tidur berhasil menyembuhkan suami saya dari masalah sulit tidur yang dideritanya bertahun-tahun.